Wednesday, December 20, 2017

PUNTHUK MONGKRONG, Romantisme matahari terbit

     Punthuk Mongkrong merupakan salah satu destinasi wisata di kecamatan Borobudur. Phuntuk yang terletak di Dusun Onggosono Desa Giritengah Kecamatan Borobudur ini, mempunyai ketinggian 624 mdpl. Lebih tinggi dari pada Punthuk Sukmojoyo yang letaknya tidak jauh dari Punthuk Mongkrong.
     Untuk mencapai tempat ini, bisa melalui rute berikut ini : dari kawasan Candi Borobudur melewati jalan Badrawati menuju selatan kearah perempatan seganan desa Tuk Songo. Sampai di perempatan sengganan desa Tuk Songo ,  belok kanan melewati desa Tanjungsari dan Karanganyar menuju perempatan Gunden Desa Karanganyar . Setelah sampai di Perempatan Gunden belok ke kiri menuju Balaidesa Giritengah. Sesampainya di balaidesa Giritengah, belok ke kanan mengikuti petunjuk yang sudah terlihat untuk menuju Punthuk Mongkrong. Perjalanan dari balaidesa Giritengah sampai Phuntuk Mongkrong harus dilakukan dengan hati-hati. Dan juga kendaraan yang dipakai harus dalam keadaan prima. Karena kontur jalan yang menanjak danada beberapa tikungan tajam.
    Setelah sampai di kawasan Phuntuk mongkrong. Parkirlah kendaraan di tempat yang sudah disediakan. Dan jangan lupa untuk membeli tiket masuk.  Dari tempat parkir, berjalan kaki melalui jalan setapak untuk sampai di Puncak Phuntuk Mongkrong. Dengan iringan kebun warga dan hijaunya dedaunan. Serasa meringankan langkah kaki untuk cepat menuju Puncak Phuntuk Mongkrong.
     Sampai dipuncak, kita akan disambut oleh udara yang segar dan pemandangan yang indah. Dan paling dinanti adalah Sunrise atau matahari terbit. Ada banyak  tempat untuk  menikmati keindahan alam dari puncak punthuk Mongkrong. Yang paling banyak dikunjungi adalah jembatan berbentuk segitiga,. Karena tempat ini adalah tempat paling ideal untuk berfoto dengan latar belakang alam yang terbentang luas. Selain itu juga bisa berfoto ssaaat matahari terbit.
     Bagi yang ingin mendapatkan matahari terbit. Datanglah sebelum jam 5 pagi. Karena kalau datang setelah jam 5 pagi, kemungkinan besar matahari sudah mulai terbit. Sehingga akan ketinggalan momen awal munculnmya matahari. Karena yang paling bagus dan menarik adalah saat awal kemunculan matahari dari timur. Cahaya yang enak sangat cocok untuk diabadikan dengan menggunakan kamera. Akan tetapi perlu diingat. Mendapatkan momen Sunrise atau matahari terbit juga perlu keberuntungan. Karena kalau tidak, yang akan kita temukan bukan matahari terbit akan tetapi kabut yang tebal yang menutup terbitnya matahari. Sehingga perlu perhitungan dan pengetahuan, kapan waktu yang tepat untuk berburu Sunrise.
     Selain jembatan, ada rumah pohon yang menjadi spot favorit para pengunjung. Dari rumah pohon ini, kita bisa mmelihat pemandangan dari ketinggian. Selain itu, bagus juga sebagai tempat untuk berfoto ria. Akan  tetapi, jangan abaikan keselamatan. Dan tetap harus berhati-hati. Selain itu, rumah pohon ini hanya mampu  menampung maksimal 2 orang. Jadi harus  bergantian dengan pengunjung yang lain.
     Kalau terasa capek. Disana juga disediakan gazebo bagi pengunjung. Disediakan jugatempat duduk. Jadi jangan khawatir kalau capek dan ingin beristirahat sebentar sambil makan atau minum camilan yang sudah dibawa. Tapi jangan lupa sampahnya dibuang ditempat sampah yang sudah disediakan dibeberapa titik. Jangan sampah dibuang sembarangan, karena akan mengurangi keindahan dan kebersihan puncak Punthuk Mongkrong.

     Dengan adanya tanaman bunga yang ditanam di puncak, menambah kecantikan tempat ini. Tidak hanya spot-spot foto tapi juga tanaman bunga yang berwarna warni yang menmbah penasaran para pengunjung untuk mengunjungi puncak punthuk Mongkrong. Jangan lupa ajak teman-temanmu untuk menikmati keindfahan alam dari puncak Punthuk Mongkrong. 

No comments:

Post a Comment