Tuesday, December 19, 2017

RAFTING KALI ELO, Sensasi Arung Jeram dan Keindahan Alam

(Foto : Fotografer Biro Wisata Rafting)

Rafting kali Elo (red: Sungai Elo), merupakan salah satu wisata air yang ada di kabupaten Magelang. Wisata ini memberikan sensasi tersendiri bagi para wisatawan. Arung jeram Kali Elo termasuk Arung jeram kategori II atau kategori pemula.  Maka wisata ini cocok bagi para wisatawan yang belum pernah sama sekali berarum jeram. Dengan biaya Rp 650.000 / perahu sudah termasuk snack, kelapa muda,  makan siang dan tempat mandi.  
Banyak sekali biro wisata Rafting yang ada di Magelang. Paling banyak berada di daerah Mendut. Dari tempat biro wisata, kita akan di bawa dengan menggunakan mobil untuk menuju Start Arung Jeram yang berada di Jembatan Blondo dan Finish di Jembatan Mendut. Dengan panjang tempuh ± 11 km dan waktu tempuh 2,5 Jam.
Setelah sampai di Titik Start. Kita akan dibagikan rompi Pelampung, helm, dan dayung. Rompi pelampung berguna untuk mengambang di air dengan berat beban  maksimal ± 1 Kwintal. Helm berguna untuk melindungi kepala dari benturan dengan batu ataupun karang sungai. Sedangkan dayung berguna untuk mendorong arus sungai agar perahu tetap berjalan.
(Foto : Fotografer Biro Wisata Rafting)

Sebelum memulai arung jeram, akan diadakan Breifing oleh pemandu. Mulai dari pemanasan tubuh agar tidak terjadi kram, cara mendayung yang benar, cara menarik teman kedalam perahu dan keamanan kepala agar tidak berbenturan dengan batu atau karang. Serta tidak lupa untuk terlebih dahulu berdoa menurut agama atau kepercayaan masing-masing agar diberi kelancaran dan keselamatan sampai finish.
Setelah briefing selesai, maka kita siap untuk berarung jeram. Jangan lupa untuk berfoto bersama. Setiap perahu diisi oleh maksimal 6 orang dengan satu pemandu profesional yang akan memandu kita selama perjalanan. selama perjalanan kita akan disuguhkan dengan keindahan alam sungai. Kegiatan arung jeram ini paling cocok dilakukan pada saat musim kemarau. Karena air cenderung bersih dan jernih. Sehingga akan mengajak kita untuk berenang atau sekedar bermain air.
(Foto : Fotografer Biro Wisata Rafting)

Awal perjalanan air sungai masih tenang, sehingga kita perlu bergotong royong untuk mendayung agar perahu berjalan.  Setelah beberapa saat terlihat jeram yang akan menantang andrenalin kita. Dan saat itulah kepuasaan yang akan kita rasakan. Yang penting kita jangan mengabaikan instruksi dari pemandu. Kapan kita harus mendayung kedepan, kapan kita harus mendayung kebelakang bahkan kapan kita harus berhenti mendayung. Selama perjalanan kita disuguhkan dengan air sungai yang tenang dan jeram yang memacu andrenalin. Ketika berada di air yang tenang, kita bisa melakukan lompatan dari perahu untuk berenang disungai. Ketika berada di jeram kita harus menjaga keseimbangan  agar perahu tidak sampai terbalik.  
Ketika separuh perjalanan, kita akan berhenti disuatu tempat untuk beristirahat sekaligus menikmati snack dan kelapa muda yang sudah disiapkan oleh biro wisata rafting. Dengan semilir angin serta gemercik suara air sungai menambah indahnya waktu istirahat kami. Suasana pedesaan yang masih alami membuat hati menjadi tenang. Setelah waktu istirahjat dirasakan cukup. Maka kita bisa melanjutkan perjalanan sampai Finish.
(Foto : Fotografer Biro Wisata Rafting)


Setelah sampai Finish dijembatan Mendut. Kita bisa langsung menuju tempat mandi ddan berganti pakaian. Semua fasilitas disediakan oleh Biro kecuali peralatan mandi. Setelah  selesai mandi dan berganti pakaian. Kita bisa langsung menyantap hidangan makan siang yang sudah disediakan. Karena perjalanan yang cukup panjang dengan menghabiskan banyak tenaga. Maka perut akan terasa lapar, sehingga menambah nikmatnya makan siang.



No comments:

Post a Comment